Business Information Systems Strategy
Strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu “strategos” yang artinya “komandan militer “. Strategi adalah gagasan, atau perencanaan dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Berbeda dengan taktik, taktik merupakan sebagian kecil dari rencana agar strategi dapat tercapai- Stephanie K. Marrus : Strategi adalah suatu proses penentuan rencana yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi
- Hamel dan Prahalad : Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental Dalam setiap organisasi, pasti terdapat sebuah strategi sebelum organisasi dijalankan.
- Visi : Visi merupakan mimpi / pandangan kedepan
- Misi : Sedangkan misi merupakan sebuah pernyataan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan membedakan dengan bisnis yang lain
- Strategy : Bagaimana kita mengatur cara dengan mengenali beberapa factor
- Policies : Petunjuk & Prosedur yang harus dilakukan / ditaati
- Tujuan dan lingkup organisasi jangka panjang
- Menjalankan harus memahami sumber daya
- Bisa memenuhi kebutuhan pasar
- Memenuhi keinginan stakeholder
- Pengaruh lingkungan
- Agar bisnis cepat terbentuk dan dapat dilaksanakan dengan cepat
- Membentuk tindakan dan keputusan manajer dan karyawan yang teroganizir, rencana yang lebar ( Rencana harus detil untuk mencapai tujuan yang maksimum )
- Perspektif -> harus jelas Direncanakan secara matang
- Responsif/ emergent
- Business Information Strategy
- IS Functionality strategy
- IT Strategy
- Applications Portofolio
Ada 2 jenis Enviroment :
- Micro Enviroment : menyangkut pelanggan, competitor, supplier dan distributor
- Macro Enviroment : Lingkup yang lebih luas tentang social, Legal, Ekonomik, politik, dan teknologi
- Reach : Memperluas kompetisi secara global
- Reaction : Tanggapan Customer terhadap produk / service
- Responsiveness : Proses untuk mengubah dari sebuah ide menjadi sebuah produk / service secara cepat
- Pelanggan dapat lebih mengenal dan membandingkan produk / service yang mereka butuhkan
- Reconfiguration : Sebuah proses bisnis butuh perubahan dan adaptasi dengan kebutuhan pasar
- Redeployment : Pemindahan yang cepat dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan
- Reputation : Reputasi dari sebuah organisasi ditentukan dari kepuasan pelanggan.

0 komentar:
Posting Komentar