Senin, 17 Desember 2012

KSI pertemuan 10

Business Information Systems Strategy

  Strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu “strategos”  yang artinya “komandan militer “. Strategi adalah gagasan, atau perencanaan dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Berbeda dengan taktik, taktik merupakan sebagian kecil dari rencana agar strategi dapat tercapai
Ada beberapa pengertian dari strategis menurut para ahli :
  • Stephanie K. Marrus : Strategi adalah suatu proses penentuan rencana yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi
  • Hamel dan Prahalad : Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental Dalam setiap organisasi, pasti terdapat sebuah strategi sebelum organisasi dijalankan.
Ada 4 elemen penting dalam strategi organisasi :
  • Visi : Visi merupakan mimpi / pandangan kedepan
  • Misi : Sedangkan misi merupakan sebuah pernyataan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan membedakan dengan bisnis yang lain
  • Strategy : Bagaimana kita mengatur cara dengan mengenali beberapa factor
  • Policies : Petunjuk & Prosedur yang harus dilakukan / ditaati
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam IS untuk strategi bisnis :
  • Tujuan dan lingkup organisasi jangka panjang
  • Menjalankan harus memahami sumber daya
  • Bisa memenuhi kebutuhan pasar
  • Memenuhi keinginan stakeholder
  • Pengaruh lingkungan
Beberapa alasan mengapa sebuah strategi itu diperlukan :
  • Agar bisnis cepat terbentuk dan dapat dilaksanakan dengan cepat
  • Membentuk tindakan dan keputusan manajer dan karyawan yang teroganizir, rencana yang lebar ( Rencana harus detil untuk mencapai tujuan yang maksimum )
Ada beberapa pendekatan strategi :
  • Perspektif -> harus jelas Direncanakan secara matang
  • Responsif/ emergent
Dalam Strategi Informasi Sistem, ada beberapa elemen yang berperan :
  • Business Information Strategy
  • IS Functionality strategy
  • IT Strategy
  • Applications Portofolio
IS Strategy berbeda dengan IT Strategy, IS Strategy menyangkut proses dan sumber daya yang digunakan dalam strategi bisnis, sedangkan IT Strategy menyangkut hal – hal yang berhubungan dengan teknik seperti Hardware, Software dan Jaringan
Ada 2 jenis Enviroment :
  1. Micro Enviroment : menyangkut pelanggan, competitor, supplier dan distributor
  2. Macro Enviroment : Lingkup yang lebih luas tentang social, Legal, Ekonomik, politik, dan teknologi
7R of Strategy :
  1. Reach : Memperluas kompetisi secara global
  2. Reaction : Tanggapan Customer terhadap produk / service
  3. Responsiveness : Proses untuk mengubah dari sebuah ide menjadi sebuah produk / service secara cepat
  4. Pelanggan dapat lebih mengenal dan membandingkan produk / service yang mereka butuhkan
  5. Reconfiguration : Sebuah proses bisnis butuh perubahan dan adaptasi dengan kebutuhan pasar
  6. Redeployment : Pemindahan yang cepat dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan
  7. Reputation : Reputasi dari sebuah organisasi ditentukan dari kepuasan pelanggan.

0 komentar:

Posting Komentar